ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTORFAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAHE DI DESA LANGKO KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Yumna, Rohmi Wutari (2022) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTORFAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI JAHE DI DESA LANGKO KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_Yumna Rohmi Wutari_Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi pada Usahatani Jahe di .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini 1) Untuk menganalisis efisiensi penggunaan input pada usahatani jahe di Desa Langko Kecamatan Lingsar; 2) Untuk mengetahui pendapatan pada usahatani jahe di Desa Langko Kecamatan Lingsar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik survei yaitu dengan wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani jahe di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penggunaan input pupuk NPK, pestisida, tenaga kerja dan luas lahan pada usahatani jahe di Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat belum efisien karena nilai rasio efisiensi > 1 maka perlu penambahan input, sedangkan untuk input produksi benih, urea dan pupuk kandang tidak efisien karena nilai rasio efisiensi < 1 maka perlu pengurangan jumlah penggunaan input produksi; 2) Pendapatan petani yang diperoleh pada usahatani jahe di Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten lombok Barat sebesar Rp 20.037.564/LLG atau 184.518.096/Ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Jahe, Efisiensi, Usahatani, Faktor Produksi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:53
Last Modified: 01 Feb 2022 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item