ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS SAYURAN (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Beriuk Maju Kelurahan Mandalika, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram)

ULFA, RAHMAWATI (2022) ANALISIS PEMASARAN KOMODITAS SAYURAN (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Beriuk Maju Kelurahan Mandalika, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ULFA RAHMAWATI (C1G014225).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Produksi dan harga sayuran di Kota Mataram mengalami fluktuasi. Fluktuasi harga yang tidak menentu sering menjadi faktor perbedaan tingkat keuntungan yang diperoleh petani dengan lembaga pemasaran yang terlibat di dalam pemasaran hasil-hasilnya. Jarak yang cukup jauh antara produsen dengan konsumen akhir mendorong terlibatnya lembaga pemasaran dalam menyalurkan sayuran dari produsen ke konsumen akhir yang mengakibatkan timbulnya berbagai resiko besarnya biaya pemasaran yang ditanggung oleh lembaga pemasaran. Di lain pihak, petani seringkali menghadapi kendala dalam saluran pemasaran. Semakin panjang saluran pemasaran mengakibatkan margin yang semakin besar dan pada akhirnya memperlebar gap harga di tingkat produsen dan konsumen akhir. Demikian juga perbedaan biaya pemasaran di setiap lembaga pemasaran dapat menyebabkan distribusi keuntungan menjadi tidak adil sehinga berpengaruh pada efisiensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui saluran pemasaran sayuran pada Kelompok Tani Beriuk Maju di Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram; (2) Untuk menganalisis efisiensi pemasaran sayuran pada Kelompok Tani Beriuk Maju di Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: bagan alir saluran pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran yang meliputi margin pemasaran, share petani dan distribusi keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran sayuran (bawang merah, sawi dan kubis) pada Kelompok Tani Beriuk Maju Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram, yaitu Petani → Pedagang Pengepul → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir; (2) Pemasaran sayuran (bawang merah, sawi dan kubis) pada Kelompok Tani Beriuk Maju Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram efisien dengan margin pemasaran masing-masing Rp 4.000,-/kg untuk bawang merah, Rp 2.000,-/kg untuk sawi dan margin pemasaran kubis Rp 2.000,-/kg. Share petani untuk bawang merah, sawi dan kubis masing-masing 71,43%; 66,67% dan 61,90%>60%serta distribusi keuntungan masing-masing adalah 0,67; 0,69; dan 0,62 dimana distribusi keuntungan ketiga komoditi tersebut > 0,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut: (1) Agar petani bisa mendapatkan keuntungan lebih hendaknya sebagian dari hasil yang diperoleh dipasarkan sendiri langsung ke konsumen akhir dan sebagian lagi dipasarkan melalui lembaga pemasaran sebagaimana yang diberlakukan saat ini.; (2) Diharapkan petani sayuran pada Kelompok Tani Beriuk Maju Kelurahan Mandalika Kecamatan Sandubaya Kota Mataram lebih memberdayakan kelompok tani yang ada terutama untuk menangani pemasaran hasil sehingga pemasaran sayuran yang dihasilkan tidak tergantung kepada pedagang pengepul dan pemasaran sayuran menjadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sayuran, Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:53
Last Modified: 01 Feb 2022 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27557

Actions (login required)

View Item View Item