ANALISIS PEMASARAN KANGKUNG DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

Tri, Yuliana Lopes (2022) ANALISIS PEMASARAN KANGKUNG DI KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI YULIANA LOPES (C1G017198).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lingsar adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Barat yang sebagian besar masyarakatnya melakukan usaha budidaya kangkung. Usaha budidaya yang dilakukan umumnya di lahan sawah. Komoditas ini menjadi pilihan utama masyarakat petani karena selain ketersediaan air irigasi yang memadai, tanaman kangkung memiliki umur panen yang pendek dan tidak mudah rusak seperti jenis sayuran daun lainnya. Pada saat panen, tentu saja total produksi menjadi semakin banyak sehingga pemasaran kangkung dan lembaga pemasaran yang terlibat sangat penting artinya dalam pendistribusian kangkung dari produsen ke konsumen akhir. Dalam pemasaran hasil pertanian, panjang pendeknya saluran pemasaran akan berpengaruh terhadap efisien tidaknya pemasaran hasil. Hal ini karena setiap lembaga pemasaran akan mengeluarkan biaya pemasaran yang pada akhirnya akan berpengaruh pada harga per satuan di tingkat pedagang pengecer atau konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui saluran Pemasaran Kangkung di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat; (2) Mengetahui efisiensi pemasaran kangkung di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Usahatani kangkung dan lembaga pemasaran Kangkung di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Lingsar, ditentukan Desa Bugbug dan Desa Gegerung sebagai desa sampel secara purposive sampling berdasarkan petani kangkung terbanyak diantara 15 desa yang ada di Kecamatan Lingsar. Jumlah responden dalam penelitian ini ditentukan dengan metode sensus, yaitu semua populasi yang ada di kedua desa terpilih diambil sebagai responden, sehingga total responden sebanyak 39 orang. Analisis yang digunakan meliputi: (a) untuk saluran pemasaran digunakan analisis deskriptif; (b) analisis efisiensi pemasaran meliputi: Margin Pemasaran, Share Petani dan Distribusi Keuntungan.. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Saluran pemasaran kangkung kualitas super maupun kualitas regular di Kecamatan Lingsar, yaitu Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen Akhir; (2) Pemasaran kangkung kualitas super dan kualitas reguler di Kecamatan Lingsar tidak efisien dengan margin pemasaran masing-masing Rp 8.000,-/kg dan Rp 6.000,-/kg. Share petani masing-masing 20% < 60% serta distribusi keuntungan 0,44 pada kangkung kualitas super dan 0,43 pada kangkung kualitas regular. Kedua distribusi keuntungan tersebut < 0,5. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disarankan sebagai berikut: (1) disarankan kepada lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran kangkung (pedagang Pengumpul dan pedagang pengecer) di Kecamatan Lingsar untuk menditribusikan keuntungan yang diperoleh dengan cara meningkatkan harga beli yang diterima petani kangkung sehingga margin dapat diperkecil; (2)Diharapkan petani kangkung di Kecamatan Lingsar memberdayakan kelompok tani yang ada terutama untuk menangani pemasaran hasil sehingga pemasaran kangkung yang dihasilkan tidak tergantung kepada pedagang Pengumpul dan pemasaran kangkung di Kecamatan Lingsar menjadi efisien. _________________________________ .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Margin Pemasaran, Kangkung.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:53
Last Modified: 01 Feb 2022 23:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27558

Actions (login required)

View Item View Item