ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA INTI DAN RADIASI SEBAGAI UPAYA BELAJAR DARI RUMAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19

SITI HUSDIANTI, ASTININGSIH (2022) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MATA KULIAH KIMIA INTI DAN RADIASI SEBAGAI UPAYA BELAJAR DARI RUMAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Siti Husdianti Astiningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada mata kuliah kimia inti dan radiasi sebagai upaya belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Responden penelitian merupakan mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram. Data diambil melalui wawancara dengan mahasiswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah menjalani pembelajaran daring selama 4 semester dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Meet dan SPADA UNRAM sebagai media pembelajaran, dimana pada pengaplikasiannya mahasiswa tidak banyak mengalami kesulitan. Pemanfaatan internet digunakan dengan baik oleh mahasiswa untuk mencari materi dan berdiskusi dengan mahasiswa maupun dosen, dimana komunikasi mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa juga berjalan dengan lancar. Sebagian besar mahasiswa merasa kurang tertarik dengan pembelajaran daring karena adanya perubahan aktivitas belajar yang dihadapi, perubahan semangat belajar dan adanya kendala-kendala dalam belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar daring mahasiswa pada mata kuliah kimia inti dan radiasi sebagai upaya belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19 berjalan dengan baik walaupun terdapat beberapa kendala yang masih dapat diatasi oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Pembelajaran Daring , Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:22
Last Modified: 02 Feb 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27571

Actions (login required)

View Item View Item