ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT DI KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Annisa, Annisa (2022) ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT DI KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANNISA (C1G017018)_ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT DI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui saluran pemasaran cabai rawit di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat; (2) Mengetahui fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh pelaku pemasaran cabai rawit di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat; (3) Mengetahui efisiensi pemasaran cabai rawit di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat; (4) Mengetahui hambatan yang dihadapi pelaku pemasaran dalam pemasaran cabai rawit di Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penentuan daerah sampel secara Purposive Sampling. Jumlah responden ditentukan menggunakan metode Slovin. Penentuan responden pedagang ditentukan secara Snowball Sampling. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis efisiensi: (a) margin pemasaran, (b) share petani, (c) distribusi keuntungan, dan (d) volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemasaran cabai rawit di Kecamatan Gerung terdiri atas 4 saluran pemasaran, yaitu: a) saluran pemasaran I: Petani → Pedagang Pengumpul Kecamatan → Pedagang Antar Pulau. b) saluran pemasaran II: Petani → Pedagang Pengumpul Desa → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen. c) saluran pemasaran III: Petani → Pedagang Besar → Pedagang Pengecer → Konsumen. d) saluran pemasaran IV: Petani → Pedagang Pengecer → Konsumen; (2) Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh semua pelaku pemasaran adalah: pembelian (kecuali petani/produsen), penjualan, pengangkutan dan informasi pasar, sedangkan yang tidak dilakukan oleh semua pelaku pemasaran adalah: penyimpanan, pengolahan, standarisasi dan grading, pembiayaan dan penanggungan risiko; (3) Urutan efisiensi saluran pemasaran (SP) adalah: (a) berdasarkan margin pemasaran: SP IV, SP III, dan SP II. (b) berdasarkan share petani: SP IV, SP III, dan SP II. (c) berdasarkan distribusi keuntungan: SP IV, SP III, dan SP II. (d) berdasarkan volume penjualan: SP III, SP II, SP IV dan SP I. SP I tidak dapat dihitung margin pemasaran, share petani dan distribusi keuntungannya karena pemasaran dari petani/produsen hanya sampai ke Pedagang Antar Pulau, tidak dapat dilacak penjualannya ke konsumen akhir; (4) Hambatan-hambatan pemasaran yang dihadapi oleh petani yaitu hambatan cuaca dan modal sedangkan hambatan-hambatan pemasaran yang dihadapi oleh lembaga pemasaran yaitu hambatan buah rusak, modal dan permintaan konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pemasaran, Cabai Rawit.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:23
Last Modified: 02 Feb 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27582

Actions (login required)

View Item View Item