ANALISIS TATA KELOLA UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PARIWISATA LOMBOK (STUDI KASUS BIDANG PEMASARAN DINAS PARIWISATA PROVINSI NTB) MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DAN ITIL V3

MARLINA, SAFITRI (2021) ANALISIS TATA KELOLA UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PARIWISATA LOMBOK (STUDI KASUS BIDANG PEMASARAN DINAS PARIWISATA PROVINSI NTB) MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DAN ITIL V3. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
POSTER F1D014053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Dinas Pariwisata (DisPar) adalah lembaga pelaksana bidang pariwisata pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat dengan menyelenggarakan perumusan kebijakan teknis, kebijakan evaluasi, pelaporan administrasi dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya. Dispar memiliki banyak permasalahan salah satunya adalah pemasaran pariwisata belum dilaksanakan secara terarah, efektif, efisien, dan berkualitas. Karena adanya permasalahan-permasalahan tersebut, penulis bermaksud melakukan Analisis Tata Kelola TI untuk membantu memperbaiki kekurangan dari Teknologi Informasi yang ada pada DisPar Provinsi NTB. Tata Kelola TI dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengetahui apakah pelayanan, pemulihan dan perencanaan yang dilakukan sudah sesuai atau belum dengan yang sudah direncanakan dari DisPar Provinsi NTB itu sendiri. Selain itu, Tata Kelola TI juga dapat menjadi referensi untuk pengelolaan manajemen TI pada DisPar Provinsi NTB. Tata Kelola TI (IT governance) menyediakan banyak tools di antaranya adalah COBIT dan ITIL yang akan penulis gunakan pada penelitian ini. Proses TI COBIT 4.1 yang digunakan untuk DisPar yaitu PO6 (mengkomunikasikan tujuan dan arah manajemen) tingkat kematangan pada kondisi saat ini berada level 3 sedangkan AI7 (install dan akreditasi solusi dan perubahan) tingkat kematang berada pada level 2 dan level 3, dan siklus layanan ITIL V3 yang digunakan untuk DisPar yaitu Service Strategy (Strategi Layanan), Service Transition (Transisi Layanan), dan Service Operation (Pengoperasian Layanan).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci – Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 4.1, ITIL V3, P06, AI7, Service Strategy, Service Transition, Service Operation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:23
Last Modified: 02 Feb 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27589

Actions (login required)

View Item View Item