ANALISIS KEPENTINGAN INDONESIA DALAM KERANGKA REGIONAL COMPEREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP) PADA WORKING GROUP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

Bayu, Kresna (2021) ANALISIS KEPENTINGAN INDONESIA DALAM KERANGKA REGIONAL COMPEREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP) PADA WORKING GROUP USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Bayu Kresna_L1017032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi terkait dengan kepentingan pemerintah Indonesia mengintegrasikan sektor industri UMKM pada kerangka kesepakatan RCEP. Penelitian ini menggunakan konsep kerja sama internasional, konsep internasionalisasi dan konsep kepentingan nasional dalam menjawab rumusan permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengintegrasian sektor industri UMKM pada kerangka kesepkatan RCEP didasarkan atas kondisi usaha ini yang memiliki beragam permasalahan, melalui RCEP pemerintah Indonesia mengupayakan skema pengurangan tarif bea masuk ekspor, upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi hambatan tarif yang selama ini menjadi salah satu faktor belum optimalnya ekspor UMKM. Selain itu, melalui RCEP pemerintah Indonesia memiliki peluang untuk meningkatkan partisipasi pada skema rantai pasok kawasan, adanya peluang tersebut memberikan kesempatan bagi pelaku usaha memperoleh bahan baku industri berkualitas tinggi dari luar negeri sehingga memberikan value add terhadap produk-produk domestik yang akan diekspor kembali. Secara kumulatif RCEP mencakup 29,6 persen populasi dunia yang dimana pelaku usaha domestik memiliki peluang besar mendapatkan pangsa pasar baru non tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: RCEP, Internasionalisasi UMKM, Tarif dan Non-tarif.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:23
Last Modified: 02 Feb 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27593

Actions (login required)

View Item View Item