Analisis Komparatif Angka Kejadian Komplikasi Kehamilan dengan Komplikasi Persalinan Periode 2019 dan 2020 di Puskesmas Pagesangan Kota Mat

Abiyyu, Didar Haq (2021) Analisis Komparatif Angka Kejadian Komplikasi Kehamilan dengan Komplikasi Persalinan Periode 2019 dan 2020 di Puskesmas Pagesangan Kota Mat. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI_Abiyyu Didar Haq_Final_Revised.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendapatkan bahwa risiko ibu hamil yang mengalami komplikasi kehamilan untuk berlanjut menjadi komplikasi persalinan mengalami peningkatan pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan tahun 2019. Komplikasi kehamilan terbanyak yang didapatkan pada kedua tahun adalah anemia gestasional sedangkan komplikasi persalinan terbanyak adalah kelainan letak fetus pada tahun 2019 serta kelahiran preterm pada tahun 2020. Berdasarkan persebaran usianya, komplikasi kehamilan dan persalinan didapatkan paling sering terjadi pada kelompok usia 18-28 tahun pada tahun 2019 dan 2020 sedangkan berdasarkan status gravidanya, kejadian komplikasi kehamilan dan persalinan cenderung terjadi pada ibu hamil berstatus multigravida pada kedua tahun tersebut. Distribusi geografis yang juga dipertimbangkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ibu hamil yang tinggal di area inner skirt lebih cenderung mengalami komplikasi persalinan sedangkan ibu hamil yang tinggal di area middle skirt lebih cenderung mengalami komplikasi kehamilan. Analisis hubungan antara variable perancu dengan variable bebas serta variable terikat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kategori usia dengan kejadian komplikasi kehamilan pada tahun 2020. Sedangkan pada tahun 2019, didapatkan hubungan yang signifikan antara kategori usia dan status kehamilan dengan kejadian komplilkasi persalinan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kehamilan, komplikasi, persalinan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:05
Last Modified: 07 Feb 2022 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27597

Actions (login required)

View Item View Item