PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

NONI, ARLITA YUNINGSIH (2022) PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 19 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NONI ARLITA YUNINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada aspek pemahaman berpikir kritis adalah metode diskusi berbantu media gambar. Metode diskusi berbantu media gambar merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh guru dengan bantuan atau perantara bentuk gambar yang melibatkan dua induvidu atau lebih sehingga terlibat, saling tukar pendapat pengalaman, informasi untuk memecahkan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Metode Diskusi Berbantu Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 19 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen DesaigntipeNonequevalen Control Group Desaign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig 2 tailed sebesar 0,00< 0,05 t-tabel pada taraf signifikan 5%, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi berbantu media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 19 Cakranegara tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci:Metode Diskusi Berbantu Media Gambar, Kemampuan BerpikirKritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:05
Last Modified: 07 Feb 2022 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27599

Actions (login required)

View Item View Item