HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA CERITA FIKSI SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 CAKRANEGARA

NURLELAH, NURLELAH (2022) HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA CERITA FIKSI SISWA KELAS V SDN GUGUS 5 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURLELAH OK FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca (X) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada cerita fiksi (Y) di kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang siswa. Pengumpulan data meggunakan angket untuk variabel minat baca dan tes soal berupa pilihan ganda untuk variabel kemampuan membaca pemahaman pada cerita fiksi. Analisis data menggunakan uji prasyarat data dan uji hipotesis. Uji prasarat data menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas data, sedangkan uji hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman pada cerita fiksi siswa kelas V SDN Gugus 5 Cakranegara. Nilai Koefisien korelasi sebesar 0,335 dengan taraf signifikansi 5% dan nilai koefisien determinasi sebesar 11,22%. Adanya korelasi minat baca dan kemampuan membaca pemahaman pada cerita fiksi, diharapkan guru dan orang tua untuk dapat menumbuhkan kesadaran siswa akan membaca serta meningkatkan minat baca siswa agar kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat, sehingga dapat dipastikan hasil belajar yang dimilki akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman pada Cerita Fiksi, Minat Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:03
Last Modified: 07 Feb 2022 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27605

Actions (login required)

View Item View Item