POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN SOSIAL PADA ANAK DI DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR

HERONI, HERONI (2021) POLA ASUH ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN SOSIAL PADA ANAK DI DESA SEMBALUN BUMBUNG KECAMATAN SEMBALUN KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HERONI ( E1S017028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis pola asuh orang tua tunggal (single parent) pada anak; dan (2) mengidentifikasi dan menganalisis pola penanaman nilai pendidikan sosial yang diterapkan oleh orang tua tunggal (single parent) pada anak di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan (1) pola asuh yang digunakan oleh orang tua tunggal (single parent) pada anak di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur yaitu: a) pola asuh demokratis, b) pola asuh otoriter, dan c) permisif; (2) pola penanaman nilai pendidikan sosial yang diterapkan oleh orang tua tunggal (single parent) pada anak di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur yaitu: a) pembiasaan, b) keteladanan dan c) sanksi atau hukuman.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua Tunggal, Nilai Pendidikan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:03
Last Modified: 07 Feb 2022 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27611

Actions (login required)

View Item View Item