PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SOSIOLOGI BERBANTUAN SUMBER BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 AIKMEL

LIZA, ANDRIANI (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN SOSIOLOGI BERBANTUAN SUMBER BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIZA ANDRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses penerapan pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Aikmel; (2) mengetahui kendala penerapan pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Aikmel; (3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi kendala pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 1 Aikmel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan (1) penerapan pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar dilakukan melalui tiga tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi; (2) kendala penerapan pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar dari aspek internal yaitu keterbatasan ekonomi siswa, sulitnya mengontrol siswa dalam penyampaian materi daring melalui aplikasi zoom meeting, whatsapp group, google classroom, dan kedisiplinan untuk fokus pada pembelajaran daring. Dari aspek eksternal yaitu kendala waktu, tekanan orang tua siswa, dan ketidakstabilan jaringan internet; (3) upaya mengatasi kendala pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi berbantuan sumber belajar dari aspek`internal yaitu dengan lebih banyak pemberian tugas daring melalui aplikasi whatsapp group dan google classroom, memanfaatkan sumber belajar daring e-book, video youtube. Dari aspek eksternal yaitu bantuan kuota gratis, kunjungan ke rumah orang tua siswa, dan melaksanakan pembelajaran luring terbatas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Daring, Sumber Belajar, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:03
Last Modified: 07 Feb 2022 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27612

Actions (login required)

View Item View Item