HUBUNGAN NOVEL DEMIAN THE STORY OF EMIL SINCLAIR’S YOUTH KARYA HERMANN HESSE DENGAN LIRIK LAGU GRUP MUSIK BTS DALAM ALBUM WINGS, SERTA PENGARUHNYA TERHADAP ARMY INDONESIA

Miftahul, Jannah (2022) HUBUNGAN NOVEL DEMIAN THE STORY OF EMIL SINCLAIR’S YOUTH KARYA HERMANN HESSE DENGAN LIRIK LAGU GRUP MUSIK BTS DALAM ALBUM WINGS, SERTA PENGARUHNYA TERHADAP ARMY INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
0.. 1. Miftahul Jannah_E1C017048 SKRIPSI (untuk Ujian) REVISI MODE ON SUPER FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di komunitas ARMY dalam menikmati musik BTS dengan munculnya istilah “Teori Big Hit”. Salah satunya adalah hasil interpretasi yang dilakukan pada album Wings. Hal ini dikarenakan album tersebut memiliki keterkaaitan dengan novel Demian The Story of Emil Sinclair‟s Youth karya Hermann Hesse. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan novel Demian The Story of Emil Sinclair‟s Youth karya Hermann Hesse dengan lirik lagu yang terdapat dalam album Wings yang dibawakan oleh BTS, serta pengaruhnya terhadap ARMY Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif menggunakan teori interpretatif simbolik Clifford Geertz dengan pendekatan sosiologi sastra. Berdasarkan hasil analisis diketahui terdapat tiga simbol kebudayaan, yakni simbol agama, simbol pantang menyerah, dan simbol kritik. Adapun pengaruh terhadap ARMY Indonesia adalah (1) sikap toleransi antarumat beragama di kalangan ARMY semakin kuat, (2) sikap pantang menyerah yang diteladani ARMY diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan (3) menumbuhkan sikap berani berpendapat terhadap fenomena sosial yang ada melalui berbagai cara, seperti saling berbagi pesan kebaikan melalui forum ARMY di sosial media, membantu me-repost berita terkait dengan isu sosial, dan menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Novel, BTS, ARMY, interpretatif simbolik Clifford Geertz, sosiologi sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:02
Last Modified: 07 Feb 2022 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27618

Actions (login required)

View Item View Item