RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING LEVEL KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN BATUJAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) MENGGUNAKAN PERANGKAT KOMUNIKASI LoRa

MUHAMMAD, RIZA PRATAMA SYAKBAN (2022) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING LEVEL KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN BATUJAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) MENGGUNAKAN PERANGKAT KOMUNIKASI LoRa. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RIZA PRATAMA S_F1B115031 01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengawasan dan penyampaian informasi mengenai ketinggian air pada bendungan saat ini sangat minim. Hal tersebut berdampak saat curah hujan tinggi, debit air yang tidak terkontrol dapat membuat air bendungan meluap disebabkan sistem pengawasaan pintu air banyak yang masih menggunakan sistem manual. Proses manual ini memiliki banyak faktor kelemahan dan sangat bergantung pada petugas pengontrol. Jika penjaga pintu tersebut lalai dalam tugasnya, maka tuas pembuka dan penutup pintu tidak difungsikan dengan baik sehingga dapat menyebabkan air meluap ke lingkungan warga disekitar bendungan. Salah satu konsep automatisasi penanganan pintu air adalah menggunakan teknologi Internet of Things (IoT). Internet of Things (IoT) atau biasa disebut teknologi IoT didefinisikan sebagai suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Hasil monitoring yang dilakukan pada Bendungan Batujai telah berhasil, dilakukan dengan waktu pengiriman data selama 3 hari dengan menggunakan komunikasi LoRa dan protokol MQTT. Monitoring level ketinggian air bendungan didapatkan data dengan nilai yang sama menggunakan sensor VL53L0X dan batas air konvensional bendungan terukur dengan persentase error 0,007%. Hasil data yang ditampilkan pada server MQTT juga secara Real-Time dalam bentuk grafik dengan mempublish data ketinggian minimal setiap 2 menit sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Monitoring, Bendungan, NodeMCU ESP8266, MQTT, Sensor VL53L0X, LoRa, Arduino Uno, Internet of Things.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:01
Last Modified: 07 Feb 2022 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27625

Actions (login required)

View Item View Item