UJI EKSTRAK ETANOL DAUN MUSTAJAB (Rhinacanthus nasutus L.KURZ.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium oxysporum PENYEBAB LAYU PADA TANAMAN BAWANG MERAH(Allium cepa L.)

LALU, SEPTIADI WIRANDANU (2022) UJI EKSTRAK ETANOL DAUN MUSTAJAB (Rhinacanthus nasutus L.KURZ.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium oxysporum PENYEBAB LAYU PADA TANAMAN BAWANG MERAH(Allium cepa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Septiadi Wirandanu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun mustajab (Rhinacanthus nasutus L.Kruz.) dalam menghambat pertumbuhan jamur Fusarium oxysporum. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Adapun sampel yang digunakan yaitu daun mustajab yang diambil dari setiap jenis daun dan jamur Fusarium oxysporum yang diisolasi dari daun bawang merah (Allium cepa L). Ekstraksi daun mustajab dilakukan dengan metode maserasi dengan pelarut etanol, dilanjutkan dengan evaporasi. Uji daya hambat ekstrak daun mustajab terhadap jamur Fusarium oxysporum dilakukan dengan menanam jamur pada media PDA yang telah ditambahkan ekstrak daun mustajab dengan konsentrasi 1%, 1,5%, 2%, 2,5%, 3%, 3,5%,4%, 4,5%, dan 5%. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data daya hambat dikumpulkan dengan mengukur diameter miselium jamur uji dan data dianalisis menggunakan uji analisis keragaman (Analysis of variance) 1 jalur pada taraf signifikansi 95%, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kosentrasi ekstrak daun mustajab 5% paling kuat menghambat pertumbuhan koloni jamur Fusarium oxysporum. Aktivitas penghambatan pertumbuhan tersebut mencapai 64%, dan aktivitas penghambatan ini tergolong ke dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Ekstrak daun mustajab, daya hambat, aktivitas penghambatan, Fusarum oxysporum, Etanol.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 01:01
Last Modified: 07 Feb 2022 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27627

Actions (login required)

View Item View Item