SIMULASI SISTEM ELECTRONIC DIFFERENTIAL SEBAGAI PENGATUR MOTOR INDUKSI PADA MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN TEKNIK FIELD ORIENTED CONTROL

MAJEDI, MUHAMAD (2018) SIMULASI SISTEM ELECTRONIC DIFFERENTIAL SEBAGAI PENGATUR MOTOR INDUKSI PADA MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN TEKNIK FIELD ORIENTED CONTROL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
1.coper.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan pembimbing.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrac.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penggunaan gearbox (differential mekanik) untuk stabilisasi roda kendaraan masih memiliki kekurangan yaitu perlunya perawatan secara rutin dan penyaluran torsi putar dari motor induksi ke roda tidak maksimal dikarenakan masih terdapat banyak losses pada gear. Untuk memaksimalkan penyaluran torsi pada mobil listrik, kita membutuhkan suatu sistem untuk mengatur kecepatan motor penggerak roda kendaraan listrik secara elektronik. Penelitian ini membuat simulasi sistem electronic differential yang dikendalikan dengan teknik scalar control (V/F) dan teknik field oriented control dengan menggunakan software Simulink MATLAB version 7.8.0.(R2009a). Dari hasil simulasi dan pengujian, sistem electronic differential mampu bekerja seperti halnya differential secara mekanik, hal ini ditunjukkan saat kendaraan melaju di jalan yang lurus sistem electronic differential mampu memberikan referensi kecepatan yang sama dan referensi kecepatan yang berbeda pada kedua motor penggerak roda saat kendaraan sedang berbelok. Penggunaan teknik filed oriented control pada electronic differential memberikan performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan teknik scalar control (V/F), hal ini di tunjukan dengan menghasilkan waktu steady state yang lebih cepat dan ripple torsi yang lebih kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Electronic Differential, Filed Oriented Control, Scalar Control (V/F), Mobil Listrik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Apr 2018 04:08
Last Modified: 19 Apr 2018 04:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2764

Actions (login required)

View Item View Item