HALAMAN JUDUL KESALAHAN SISWA KELAS XI MAN 1 LOMBOK TENGAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TRIGONOMETRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

LALU, ABDUL YASIR (2021) HALAMAN JUDUL KESALAHAN SISWA KELAS XI MAN 1 LOMBOK TENGAH DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TRIGONOMETRI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Abdul Yasir E1R014030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase masing – masing jenis kesalahan siswa berdasarkan prestasi siswa dan hubungan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri dengan kesalahan secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 15% dari seluruh siswa kelas XI MAN 1 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 diantaranya 8 siswa berprestasi rendah, 29 orang siswa berprestasi sedang, dan 5 orang siswa berprestasi tinggi. Data pada penelitian ini berasal dari hasil tes siswa. Data hasil tes dianalisis untuk mengetahui seberapa besar persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan seberapa besar tingkat hubungan kesalahan berdasarkan objek kajian matematika yang meliputi kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan operasi dan kesalahan prinsip dengan kesalahan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukan siswa kelas XI MAN 1 Lombok Tengah terdapat persentase kesalahan berdasarkan prestasi siswa secara berturut – turut dari siswa berprestasi tinggi, sedang dan rendah yaitu kesalahan fakta dengan rata – rata sebesar 57% termasuk kategori sedang, kesalahan konsep dengan rata – rata sebesar 50% termasuk kategori rendah, kesalahan operasi dengan rata – rata sebesar 57% termasuk kategori sedang, dan kesalahan prinsip dengan rata – rata sebesar 64% termasuk kategori sedang. Hubungan pada tiap kesalahan dengan kesalahan secara keseluruhan yaitu kesalahan fakta sebesar 0,52 adalah sedang, kesalahan konsep sebesar 0,85 adalah sangat kuat, kesalahn operasi sebesar 0,88 adalah sangat kuat, dan kesalahan prinsip sebesar 0,95 adalah sangat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesalahan, Objek Matematika, Trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 00:59
Last Modified: 07 Feb 2022 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27640

Actions (login required)

View Item View Item