NUR, HIDAYATULLAH (2022) PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMAN 1 DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
File Skripsi Nur Hidayatullah (E1B115052) lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMAN 1 Dompu. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dibantu dengan presentase dan teknik analisi Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pesepsi guru tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui tahap perencanaan, implementasi, evaluasi sudah baik. Dilihat aspek pembelajaran yang dilakukan pembelajaran inovatif dengan menggunakan model pembelajaran TPS pada komponen RPP pada bagian alat, dan media pembelajaran, skenario pembelajaran disusun dengan langkahlangkah pembelajaran yang menggunakan pendekatan saitifik, model pembelajaran TPS. Dengan demikian pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung secara kelompok, terjadinya interaksi antara siswa dengan guru dalam pembelajaran. Evaluasi dari hasil belajar dilakukan melalui tahap kegiatan pengukuran dengan menggunakan tes secara lisan maupun secara tulisan. Evaluasi hasil belajar menurut persepsi guru dengan menggunakan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil beljar siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Persepsi Guru, TPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 00:59 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 00:59 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27642 |
Actions (login required)
View Item |