Pengaruh Variasi Pembebanan (Kompaksi) Dan Temperatur (Sintering) Terhadap Sifat Mekanik Benda Dari Serbuk Limbah Aluminium (Al) Dengan Serbuk Halus Magnesium (Mg) Dan Seng (Zn) Pada Proses Metalurgi Serbuk

Muhamad, Alwan Affandi (2022) Pengaruh Variasi Pembebanan (Kompaksi) Dan Temperatur (Sintering) Terhadap Sifat Mekanik Benda Dari Serbuk Limbah Aluminium (Al) Dengan Serbuk Halus Magnesium (Mg) Dan Seng (Zn) Pada Proses Metalurgi Serbuk. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Muhamad Alwan Affandi (F1C016066)-dikonversi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu limbah yang sering kita jumpai adalah limbah aluminium yang biasanya dihasilkan dari botol minuman kaleng dan sisa-sisa pemotongan pembuatan etalase. Aluminium (Al) adalah salah satu jenis material yang banyak dibutuhkan dan digunakan dalam berbagai bidang yaitu bidang penerbangan, otomotif, dan konstruksi. Aluminium mempunyai massa jenis yang rendah dibandingkan dengan baja, konduktivitas termal dan listrik yang tinggi, ulet dan tahan korosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik benda dari bahan campuran aluminium, magnesium, dan seng pada proses metalurgi serbuk. Penelitian dilakukan dengan memproduksi specimen untuk diuji sifat mekaniknya. Pembuatan specimen dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pembuatan serbuk aluminium hingga mencapai mesh 100, tahap berikutnya adalah pencampuran serbuk (mixing) dengan komposisi aluminium, magnesium, dan seng 90:2:8 (persen berat). Selanjutnya adalah tahap pencetakan spesimen dengan variasi beban penekanan sebesar 4000 kg, 5000 kg, dan 6000 kg untuk semua pengujian dengan waktu tahan setiap penekanan sebesar 10 menit. Tahap terakhir yaitu sintering spesimen dengan variasi suhu 500oC, 540 oC, dan 580 oC dengan waktu tahan setiap suhu selama 60 menit. Setelah spesimen berhasil diproduksi, kemudian dilakukan pengujian kekerasan dan kekuatan tekan pada spesimen. Selain itu juga dilakukan pengamatan struktur makro untuk mengamati peristiwa yang terjadi pada spesimen. Hasil yang didapatkan adalah Nilai kekerasan tertinggi ditunjukan oleh spesimen dengan menggunakan beban 6000 kg dan temperatur sintering 580˚C sebesar 117 HRF, sedangkan nilai kekerasan terendah ditunjukan pada spesimen menggunakan beban 4000 kg dan temperatur sintering 500˚C sebesar 81 HRF. Dan nilai kekuatan tekan tertinggi ditunjukan oleh spesimen dengan menggunakan beban 6000 kg dan temperatur sintering 580˚C sebesar 17 MPa, sedangkan nilai kekerasan terendah ditunjukan pada specimen menggunakan beban 4000 kg dan temperatur sintering 500˚C sebesar 5 MPa. Hasil Tersebut Menunjukan bahwa variasi beban kompaksi dan suhu sintering memberikan pengaruh yang berbanding lurus terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Aluminium, Magnesium, Seng, Metalurgi serbuk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 00:59
Last Modified: 07 Feb 2022 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27643

Actions (login required)

View Item View Item