PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT PUTRI MANDALIKA SEBAGAI PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 SUKAMULIA

ALISYA, ANANDA (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT PUTRI MANDALIKA SEBAGAI PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 SUKAMULIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Alisya Ananda E1E017009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar berbasis cerita rakyat Putri Mandalika sebagai pendamping pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan meliputi: 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Draf produk diuji oleh dua ahli materi dan satu ahli media, serta siswa kelas IV SDN 1 Sukamulia. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh rerata skor 4,8 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh rerata skor 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil validasi oleh siswa pada tahap uji kelompok kecil di SDN 1 Sukamulia memperoleh rerata skor 4,4 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Pada tahap uji kelompok besar diperoleh nilai dengan rerata skor 4,6 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: buku cerita bergambar, cerita rakyat, putri mandalika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Feb 2022 00:58
Last Modified: 07 Feb 2022 00:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27645

Actions (login required)

View Item View Item