PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kecamatan Sakra Barat)

ABDUL, AZIZ WAHYUHARDI (2022) PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA (Studi di Kecamatan Sakra Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ABDUL AZIZ WAHYUHARDI OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan untuk mengetahui konsekuensi yuridis apabila Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak dilaksanakan oleh pemerintahan desa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan desa di Kecamatan Sakra masih belum berjalan dengan baik, karena belum menetapkan Peraturan Desa terkait keterbukaan informasi publik dan belum membentuk struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Desa dan penyelenggara Pemerintahan Desa dikenakan pidana kurungan paling lama satu tahun dan ganti rugi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penyebab pelaksanaan keterbukaan informasi desa yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Kecamatan Sakra Barat sulit dilaksanakan adalah kurangnya kapasitas Sumber Daya Manusia di lingkungan Pemerintah Desa, keterlambatan proses pelaksanaan Dana Desa serta Alokasi Dana Desa dan permasalahan komunikasi yang kurang terjalin dengan baik anatara Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Keterbukaan informasi publik, Pemerintah Desa, Konsekuens Yuridis
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:06
Last Modified: 09 Feb 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27656

Actions (login required)

View Item View Item