EFEKTIFITAS INSEMINASI BUATAN BIBIT SIMENTAL PADA INDUK SAPI BALI DI UPTD KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU

MUHAMMAD, MISBAHUL ARDI (2022) EFEKTIFITAS INSEMINASI BUATAN BIBIT SIMENTAL PADA INDUK SAPI BALI DI UPTD KECAMATAN MANGGELEWA KABUPATEN DOMPU. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD MISBAHUL ARDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas inseminasi buatan menggunakan bibit simmental pada Induk Sapi Bali di Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Penelitian ini dilakukan secara purposive (sengaja) dengan pertimbangan bahwa lokasi ini merupakan salah satu komoditi peternakan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah induk sapi Bali yang di Inseminasi Buatan dengan pejantan sapi Simental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, data yang diperoleh ditabulasi menggunakan statistik sederhana yaitu menghitung rata-rata dan persentase. Hasil dari penelitian ini adalah Non return rate yang diperoleh ialah 64,52%. Servise per conseption 1,91±0,94 kali, Conception rate 40,62% dan Calving Interval sebesar 13,5 bulan. Simpulan, bahwa efektifitas inseminasi buatan dengan minggunakan bibit sapi simental pada induk sapi bali di UPTD Kecamatan Manggelewa dapat dikatakan baik

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Conception rate, calving interval, inseminasi buatan, non return rate dan servise per conseption.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:06
Last Modified: 09 Feb 2022 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27658

Actions (login required)

View Item View Item