PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WHAT’S MY LINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Wawan, Supriadi (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE WHAT’S MY LINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 33 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WAWAN SUPRIADI ( E1E014069 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran aktif type What’s My Line terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen, jenis Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 33 Mataram sebanyak 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelas A dan B. Tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel yang dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes objektif, dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran aktif type What’s My Line terhadap hasil belajar IPA siswa . Berdasarkan hasil post-test diperoleh nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen adalah 73,32 dan kelas Kontrol 58,34. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel yakni nilai thitung 11,09 sedangkan ttabel 2,0021 pada taraf signifikasi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif type What’s My Line terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 33 Mataram tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Type What’s My Line, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:07
Last Modified: 09 Feb 2022 02:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item View Item