TINGKAT KEMISKINAN RUMAH TANGGA NELAYAN BURUH BAGAN APUNG DI KECAMATAN TARANO KABUPATEN SUMBAWA

SUKMAWAN, SUKMAWAN (2022) TINGKAT KEMISKINAN RUMAH TANGGA NELAYAN BURUH BAGAN APUNG DI KECAMATAN TARANO KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_SUKMAWAN_C1G114119_Tingkat Kemiskinan Rumah Tangga Nelayan Buruh Bagan Apung di Kecamatan Tarano Kabupaten Sumbawa_0122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi kelautan dan perikanan yang cukup besar. Melihat cukup besarnya potensi perikanan yang dimiliki oleh Provinsi NTB, seharusnya taraf hidup masyarakat di NTB khususnya masyarakat yang berusaha dibidang perikanan dapat terjamin. Namun pada kenyataannya sangat bertolak belakang dari yang diharapkan, karena taraf hidup masyarakat nelayan umumnya masih dalam kemiskinan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui pendapatan rumahtangga nelayan dari perikanan tangkap (On Fishing). (2) mengetahui pendapatan rumahtangga nelayan dari luar perikanan tangkap (Off Fishing dan Non Fishing). (3) untuk mengetahui tingkat kemiskinan rumahtangga Nelayan di Kecamatan Tarano Labuhan Jambu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei untuk data primer dan menggunakan data dari instansi terkait untuk data sekunder. Unit analisis yaitu rumahtangga nelayan buruh. Penentuan daerah penelian dilakukan secara “Purposive Sampling”. Jumlah rumahtangga nelayan buruh responden dipilih secara propotional sampling, kemudian responden dipilih secara accidental sampling yaitu sebanyak 67 responden, yang terdiri atas rumahtangga nelayan buruh sebanyak 40 nelayan buruh. Hasil penelitian menunjukan (1) Total pendapatan rumahtangga nelayan buruh di Kecamatan Tarano Labuhan Jambu yang bersumber dari perikanan tangkap (on fishing) yaitu Sebesar Rp28.553.318/tahun (2) Total pendapatan rumahtangga nelayan buruh di Kecamatan Tarano Labuhan Jambu yang bersumber dari luar perikanan tangkap (off fishing dan non fishing) yaitu Off fishing nelayan Rp1.470.000/tahun, dan non fishing nelayan Rp5.746.500/tahun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan kepada (1) Rumahtangga nelayan buruh bagan apung diharapkan mampu memanfaatkan waktu luang pada saat musim barat agar mampu mendapatkan pendapatan selain dari usaha penangkapan ikan agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi. (2) Pemerintah di Kecamatan Tarano Labuhan Jambu harus mampu menyediakan bantuan berupa alat/armada tangkap khususnya kepada nelayan buruh serta memberikan pelatihan-pelatihan kepada istri serta anak nelayan agar mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan rumahtangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Rumahtangga Nelayan Buruh Bagan Apung.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27677

Actions (login required)

View Item View Item