STRATEGI ORANG TUA MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

HAQUL, SIDDIQI (2022) STRATEGI ORANG TUA MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Belajar di rumah menjadi solusi untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Dalam menerapkan sistem belajar dari rumah, orang tua sangat berperan penting dalam proses belajar siswa selama sistem daring dalam pembelajaran dari rumah sekarang ini. Jadi dengan adanya belajar dari rumah, orang tua sangat berperan penting untuk menjadi pendidik di rumah sebagai pengganti guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan orang tua membimbing anak mereka ketika belajar dari rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Subyek penelitian adalah beberapa orang tua peserta didik di SDN 1 Tetebatu. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi dan peran orang tua untuk membimbing anaknya belajar dari rumah diantaranya mendampingi dan mengawasi anak dalam belajar, mengajar anak di rumah, memberikan motivasi, menyediakan fasilitas yang dibutuhkan dan membantu kesulitan anak belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Strategi orang tua, peran orang tua, belajar dari rumah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27679

Actions (login required)

View Item View Item