PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU PASCA PADI BERAS MERAH SISTEM AEROBIK MONOKROP ATAU TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH YANG DIAPLIKASIKAN BERBAGAI LIMBAH ORGANIK

Fahrurrozi Khair, Muh. (2022) PERTUMBUHAN DAN HASIL KACANG HIJAU PASCA PADI BERAS MERAH SISTEM AEROBIK MONOKROP ATAU TUMPANGSARI DENGAN KACANG TANAH YANG DIAPLIKASIKAN BERBAGAI LIMBAH ORGANIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi F-C1M017086-Muh. Fahrurrozi Khair.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di lahan sawah pada umumnya kacang hijau ditanam pada musim kemarau sebagai penggilir tanaman padi sawah pada saat air irigasi tidak mencukupi untuk menanam padi, sehingga produktivitas kacang hijau umumnya sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak teknik budidaya padi beras merah sistem irigasi aerobik yang diaplikasikan berbagai limbah organik pada bedeng permanen terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang hijau yang ditugal langsung pasca padi. Percobaan dilaksanakan di desa Beleke, Lombok Barat (Juni-Agustus 2020), yang ditata menurut rancangan Split Plot, dengan tiga blok dan dua faktor perlakuan, yaitu teknik budidaya padi sebelumnya, sebagai petak utama (T1: padi sistem irigasi aerobik monokrop; T2: padi sistem irigasi aerobik tumpangsari dengan kacang tanah), dan aplikasi berbagai limbah organik pada padi sebelumnya, sebagai anak petak (L0: tanpa limbah, L1: sekam, L2: abu sekam, L3: abu sekam dan pupuk kandang sapi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik budidaya padi dan aplikasi berbagai jenis limbah pada padi berinteraksi signifikan dalam meningkatkan jumlah polong dan berat polong kering per rumpun pada kacang hijau yang ditugal langsung pasca padi, dengan berat polong kering tertinggi (14,44 g/rumpun) pada kacang hijau tugal langsung pasca padi sistem irigasi aerobik tumpangsari dengan kacang tanah yang mendapat aplikasi abu sekam dan terendah (6.74 g/rumpun) pada kacang hijau tugal langsung pasca padi sistem irigasi aerobik monokrop tanpa limbah. Tumpangsari padi dengan kacang tanah signifikan meningkatkan berat polong kering, jumlah biji dan hasil biji kacang hijau yang ditugal langsung pasca padi. Aplikasi limbah pada padi juga berdampak positif terhadap hasil kacang hijau pasca padi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords : Kacang hijau; Padi; Aerobik; Limbah organik.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27681

Actions (login required)

View Item View Item