PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH BIOGAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L. var. Red rapids)

Indry, Fibrianti (2022) PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH BIOGAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L. var. Red rapids). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI_INDRY FIBRIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair limbah biogas terhadap pertumbuhan dan hasil selada merah. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juni 2021 sampai dengan Agustus 2021 di Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan perlakuan konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair. Rancangan percobaan yang dilakukan terdiri dari 9 perlakuan yaitu : K1P1, K1P2, K1P3, K2P1, K2P2, K2P3, K3P1,K3P2, dan K3P3. Setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali sehingga medapatkan 36 unit (polybag) tanaman. Data yang diamati meliputi laju tinggi tanaman, laju jumlah daun, berat brangkasan segar, berat brangkasan kering dan berat brangkasan kering akar. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan anova pada taraf nyata 5%, kemudian diuji lanjut dengan menggunakan BNJ apabila ada data yang menunjukkan beda nyata. Interaksi antara konsentrasi dan frekuensi pemberian pupuk organik cair bio slurry berpengaruh nyata terhadap laju tinggi tanaman, sedangkan pada parameter yang lain tidak berbeda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : selada merah, pupuk, bio slurry, konsentrasi, frekuensi.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:08
Last Modified: 09 Feb 2022 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27683

Actions (login required)

View Item View Item