PENGARUH VARIASI BEBAN KOMPAKSI DAN TEMPERATUR SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK BAHAN PADA PROSES METALURGI SERBUK LIMBAH ALUMINIUM

AGUS, WAHYUDI (2021) PENGARUH VARIASI BEBAN KOMPAKSI DAN TEMPERATUR SINTERING TERHADAP KARAKTERISTIK BAHAN PADA PROSES METALURGI SERBUK LIMBAH ALUMINIUM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir Agus Wahyudi F1C016007..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Limbah merupakan permasalahan yang masih hangat diperbincangkan hingga saat ini. Hampir semua kalangan mulai dari masyarakat umum hingga pabrik industri menghasilkan limbah setiap harinya. Salah satu limbah yang sering kita jumpai adalah limbah aluminium yang biasanya dihasilkan dari botol minuman kaleng dan sisa-sisa pemotongan pembuatan etalase. Limbah aluminium memang dapat dilebur kembali, namun hasil peleburannya akan menghasilkan limbah yang lebih berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi limbah aluminium dan dengan meneliti pengaruh variasi beban kompaksi dan suhu sintering terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan. Penelitian dilakukan dengan memproduksi komposit untuk diuji sifat mekaniknya. Pembuatan komposit dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pembuatan serbuk hingga mencapai mesh 80, tahap berikutnya adalah pencampuran serbuk (mixing) dengan perbandingan komposisi aluminium 80% tembaga 15% dan silicon karbida 5%. Selanjutnya adalah tahap pencetakan spesimen dengan beban penekanan sebesar masing-masing 3000 4000 dan 5000 kg untuk semua pengujian dengan waktu tahan 5 menit. Tahap terakhir yaitu sintering spesimen dengan suhu 600°C, 650 °C, dan 700°C yang ditahan selama 60 menit. Setelah spesimen berhasil diproduksi, kemudian dilakukan pengujian kekerasan dan kekuatan tekan pada spesimen. Selain itu juga dilakukan pengamatan struktur makro untuk mengamati peristiwa yang terjadi pada spesimen. Hasil yang didapatkan adalah nilai kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan dengan suhu sintering 650 °C yaitu sebesar 172,6 HRF. Sementara nilai kekuatan tekan tertinggi didapatkan pada spesimen dengan perlakukan yang sama yaitu sebesar 65,3 MPa. Pada pengamatan struktur makro menunjukkan terdapat porositas yang lebih besar pada spesimen dengan sifat mekanik yang lebih rendah. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa variasi suhu sintering memberikan pengaruh yang berbanding lurus terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Aluminium, Komposit, Limbah, Metalurgi serbuk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:09
Last Modified: 09 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27690

Actions (login required)

View Item View Item