PENGARUH VARIASI UKURAN MESH DAN VARIASI BEBAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK METAL MATRIX COMPOSITE PADA PROSES METALURGI SERBUK PADUAN LIMBAH ALUMUNIUM (Al) DAN SERBUK MANGAN (Mn)

Rahmat, Gunawan (2021) PENGARUH VARIASI UKURAN MESH DAN VARIASI BEBAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK METAL MATRIX COMPOSITE PADA PROSES METALURGI SERBUK PADUAN LIMBAH ALUMUNIUM (Al) DAN SERBUK MANGAN (Mn). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir (RAHMAT GUNAWAN) fix sidang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Limbah merupakan permasalahan yang masih hangat diperbincangkan hingga saat ini. Hampir semua kalangan mulai dari masyarakat umum hingga pabrik industri menghasilkan limbah setiap harinya. Salah satu limbah yang sering kita jumpai adalah limbah aluminium yang biasanya dihasilkan dari botol minuman kaleng dan sisa-sisa pemotongan pembuatan etalase. Limbah aluminium memang dapat dilebur kembali, namun hasil peleburannya akan menghasilkan limbah yang lebih berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi limbah aluminium dan dengan meneliti pengaruh variasi beban kompaksi dan suhu sintering terhadap nilai kekerasan dan kekuatan tekan. Penelitian dilakukan dengan memproduksi komposit untuk diuji sifat mekaniknya. Pembuatan komposit dilakukan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah pembuatan serbuk hingga mencapai mesh 80 dan 120, tahap berikutnya adalah pencampuran serbuk (mixing) dengan perbandingan komposisi aluminium 90% tembaga 10%. Selanjutnya adalah tahap pencetakan spesimen dengan beban penekanan sebesar masing-masing 6 dan 7 Ton untuk semua pengujian dengan waktu tahan 20 menit. Tahap terakhir yaitu sintering spesimen dengan suhu 600 °C yang ditahan selama 90 menit. Setelah spesimen berhasil diproduksi, kemudian dilakukan pengujian kekerasan dan densitas pada spesimen. Selain itu juga dilakukan pengamatan struktur makro untuk mengamati peristiwa yang terjadi pada spesimen. Hasil yang didapatkan adalah nilai kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen dengan dengan beban kompaksi 7 Ton mesh 120 yaitu sebesar 211 HRF dan pada densitas tertinggi 0.0022 gram/mm3. Pada pengamatan struktur makro menunjukkan terdapat porositas yang lebih besar pada spesimen dengan sifat mekanik yang lebih rendah. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa variasi kompaksi dan ukuran mesh memberikan pengaruh yang berbanding lurus terhadap nilai kekerasan dan densitas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Aluminium, Komposit, Limbah, Metalurgi serbuk
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:09
Last Modified: 09 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27691

Actions (login required)

View Item View Item