PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK

SITI, HIDAYATI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Siti Hidayati. 2021. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Peserta Didik. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan IPA. Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah bimbingan Dr. Ahmad Harjono, M.Si sebagai pembimbing I dan Dra. Susilawati, M.Si, Ph. D. sebagai pembimbing II. Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) merupakan upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains peserta didik. (2) mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam meningkatkan peguasaan konsep dan keterampilan generik sains peserta didik (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian Researceh and Development (R & D) yang terdiri dari Define, Design, Develop. Perangkat yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, LKPD dan insterumen penguasaan konsep dan keterampilan generik sains. Pada tahap Define dilakukan analisis awal hingga perumusan tujuan pembelajaran. Selanjutnya untuk tahap Design dilakukan perancangan dan penyusunan produk berupa perangkat pembelajaran. Pada tahap Develop dilakukan uji validitas, dimana kevalidan perangkat yang dikembangkan diperoleh dari enam validator yaitu tiga validator ahli dan tiga validatorpraktisi, dengan skor rata-rata validitas di atas 3.26 dengan kategori sangat baik. Setelah dilakukan uji validitas, maka perangkat pembelajaran dilakukan uji coba terbatas yang bertujuan untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran. Kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan analisis lembar observasi keterlaksanaan RPP dari tiga orang observer dan respon peserta didik. Hasil analisis keterlaksanaan RPP menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran di atas 75% dan hasil analisis respon peserta didik sebesar 82.6%. Selanjutnya untuk mengetahui keefektifaan perangkat yang dikembangkan dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain penguasaan konsep sebesr 0.47 dengan kategori sedang, dan untuk peningkatan keterampilan generik sains sebesar 0.55 dengan kategori sedang, yang berarti bahwa perangkat yang dikembangkan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Penguasaan Konsep, Keterampilan Generik Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:09
Last Modified: 09 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27695

Actions (login required)

View Item View Item