PENGARUH KOMPOSISI HIBRID TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK KOMPOSIT PARTIKEL FUMED SILICA DAN PARTIKEL KARET BERMATRIK EPOXY

FIRNANDA ARIF KHARISMA, M. (2022) PENGARUH KOMPOSISI HIBRID TERHADAP KARAKTERISTIK TARIK KOMPOSIT PARTIKEL FUMED SILICA DAN PARTIKEL KARET BERMATRIK EPOXY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR M FIRNANDA ARIF KHARISMA Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Epoxy termasuk kelompok polimer jenis thermoset yang banyak digunakan sebagai bahan pelapis, perekat, dan sebagai matriks pada material komposit. Epoxy thermoset sangat luas digunakan, seperti diaplikasikan pada automotif, peralatan elektronik. Namun epoxy bersifat getas dan memerlukan modifikasi untuk meningkatkan sifat tertentu epoxy. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tarik komposit partikel hibrid fumed silica dan partikel karet dari ban bekas bagian luar dengan matrix epoxy seperti kekuatan tarik, regangan tarik, modulus elastisitas, dan ketangguhan tarik. Komposisi persentase % berat Fumed silica adalah 1%, 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10% dan persentase % berat partikel karet adalah 5%, 10%, dan 10% terhadap resin epoxy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan partikel karet (K) dan fumed silica (S) menurunkan kekuatan tarik pada komposit. Kekuatan tarik diperoleh nilai terendah pada komposisi S10K0 sebesar 33,74 MPa, dan nilai kekuatan tarik tertinggi pada komposisi S6K0 sebesar 57,24 MPa. Nilai regangan tarik terendah terjadi pada komposisi S0K0 sebesar 0,0252 dan nilai regangan tarik tertinggi terjadi pada komposisi S10K0 sebesar 0,0714. Penambahan fumed silica 10% meningkatkan regangan komposit disebabkan adanya aglomerasi partikel yang banyak. Sedangkan nilai modulus elastisitas terendah terjadi pada komposisi S10K0 1175 MPa, dan untuk nilai modulus elastisitas tertinggi terjadi pada komposisi S0K0 sebesar 3308 MPa. Penambahan filler cenderung menurunkan modulus elastisitas komposit fumed silica dan partikel karet. Ketangguhan tarik nilai tertinngi diperoleh pada komposit dengan komposisi S4K10 sebesar 2,4524 MPa dan ketangguhan tarik terendah terjadi pada komposit dengan komposisi S10K0 sebesar 0,4799 MPa. Penambahan partikel karet ban memberikan pengaruh sinergis terhadap ketangguhan tarik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: epoxy, filler, fumed silica, partikel karet, kekuatan tarik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:09
Last Modified: 09 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27697

Actions (login required)

View Item View Item