PENGARUH PERLAKUAN KIMIA PADA SERAT BATANG KELAPA TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPACT KOMPOSIT LIMBAH BAN BEKAS DAN SERAT BATANG KELAPA

MUH RIFQI KOMALA AJI, R. (2022) PENGARUH PERLAKUAN KIMIA PADA SERAT BATANG KELAPA TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN IMPACT KOMPOSIT LIMBAH BAN BEKAS DAN SERAT BATANG KELAPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_FIC116033_R. MUH RIFQI K.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tanaman kelapa merupakan tanaman yang banyak dijumpai di seluruh pelosok Nusantara, sehingga hasil alam berupa kelapa di Indonesia sangat melimpah. Sampai saat ini pemanfaatan limbah berupa serat kelapa masih terbatas pada industri-industri mebel dan kerajinan rumah tangga dan belum diolah menjadi produk teknologi. Kelapa disebut pohon kehidupan karena kelapa merupakan tumbuhan serba guna yang hampir semua bagiannya bermanfaat bagi kehidupan manusia. Penelitian adalah untuk mengetahui kekuatan tarik dan ketangguhan impak berpenguat serat batang kelapa dan filler limbah ban bekas. Speseimen komposit dibuat dari serat batang kelapa dan filler limbah ban bekas bermatrik epoxy dengan variasi fraksi volume serat 2%, 4%, 6%, 8%, 12% dan filler 5%. Sebelum pembuatan komposit serat batang kelapa di beri perlakuan alkali dengan larutan NaHCO₃ dan KOH selama 1 jam dan 2 jam dan dibilas dengan air kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Serat di potong dengan ukuran 2 cm dan di cetak dengan metode tekan. Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik mengacu ke ASTM D3039 dan uji impak mengacu pada ASTM D256. Parameter yang diukur adalah kekuatan tarik, regangan tarik, modulus elastisitas dan ketangguhan impak. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh variasi fraksi volume serat batang kelapa dan filler limbah ban bekas digunakan metode analisis anova dua arah (two way analysis of varian). Hasil penelitian menunjukan kekuatan tarik tertinggi yaitu pada variasi fraksi serat 2% dengan perlakuan alkali NaHCO₃ selama 1 jam nilai kekuatan tarik sebesar 10,414 MPa, regangan tarik tertinggi yaitu pada variasi fraksi volume serat 2% dengan perlakuan alkali KOH selama 1 jam nilai regangan sebesar 0,020 atau 2%, nilai modulus elastisitas tertinggi pada variasi fraksi volume serat 12% dengan perlakuan alkali NaHCO₃ selama 1 jam nilai modulus elastisitas sebesar 817,475 MPa, dan kekuatan impact tertinggi yaitu pada variasi fraksi volume serat 12% dengan perlakuan alkali selama 2 jam nilai kekuatan impact sebesar 0,0069 J/mm².

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Perlakuan alkali, Komposit, Serat Batang Kelapa, Uji Tarik, Uji Impak.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 02:09
Last Modified: 09 Feb 2022 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27698

Actions (login required)

View Item View Item