PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 1 NARMADA

FAMILA, YAHYA (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA SMAN 1 NARMADA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FAMILA YAHYA .......pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektivan e-LKPD berbasis literasi sains untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 SMAN 1 Narmada yang berjumlah 58 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. E-LKPD berbasis literasi sains pada materi laju reaksi berdasarkan penilaian validator oleh guru dan dosen kimia teruji valid dengan persentase 88,13% (sangat layak). Penilaian kepraktisan e-LKPD oleh guru kimia dan peserta didik kelas XI IPA 2 teruji praktis dengan persentase 83,89% (sangat praktis) serta mendapat respon baik dari peserta didik dengan persentase 82,21% (sangat baik). Hasil pengujian efektivitas e-LKPD berbasis literasi sains pada minat belajar siswa dengan uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 4,703 dengan ttabel sebesar 1,673 maka diperoleh thitung>ttabel. Hasil tersebut menunjukkan efektifitas peningkatan minat belajar kimia siswa dengan mengimplementasikan pembelajaran menggunakan e-LKPD berbasis literasi sains.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: e-LKPD, Literasi Sains, Minat Belajar, Laju Reaksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:10
Last Modified: 09 Feb 2022 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27702

Actions (login required)

View Item View Item