EFISIENSI PENGGUNAAN PAKAN DAN PROTEIN PADA SAPI SUMBAWA YANG DIBERI PAKAN KONSENTRAT DI KELOMPOK TANI TERNAK BUIN PEDI RABERAS

NADIA, HAIRIN APRILLIA (2022) EFISIENSI PENGGUNAAN PAKAN DAN PROTEIN PADA SAPI SUMBAWA YANG DIBERI PAKAN KONSENTRAT DI KELOMPOK TANI TERNAK BUIN PEDI RABERAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NADIA HAIRIN APRILLIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi penggunaan pakan dan protein untuk sapi Sumawa yang mendapat pakan konsentrat di Kelompok Tani Ternak Buin Pedi Raberas. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu 15 ekor Sapi Sumbawa induk yang diberikan pakan konsentrat dengan 3 cara perlakuan pembuatan pakan yaitu mesin, manual dan kombinasi. Data dianalisis menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan pakan dan masing-masing perlakuan dengan ulangan 5 ekor sapi. Hasil penelitian dengan pemberian pakan konsentrat, untuk konsumsi pakan, efisiensi pakan, efisiensi protein, dan pertambahan bobot badan tidak berbeda nyata antara perlakuan. Konsumsi pakan tertinggi terjadi pada perlakuan P1 7,72kg yang menggunakan mesin, efisiensi pakan tertinggi terjadi pada perlakuan P3 5,72% secara kombinasi, efisiensi protein tertinggi terjadi pada P3 secara kombinasi 0,84%, dan pertambahan bobot badan tertinggi terjadi pada perlakuan P3 0,44 kg. Kesimpulan yang didapatkan adalah efesiensi penggunaan pakan dan protein terhadap pertumbuhan sapi Sumbawa yang mendapat pakan konsentrat masih dikatakan kurang baik yaitu pada konsumsi pakan dalam bentuk bahan kering.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : konsumsi pakan, efisiensi, pakan konsentrat, sapi Sumbawa
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Feb 2022 03:10
Last Modified: 09 Feb 2022 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27704

Actions (login required)

View Item View Item