PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KEMAGNETAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

DIAN, KURNIAWATI (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KEMAGNETAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI KEMAGNETAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat mempengaruhi perubahan paradigma pembelajaran yang ditandai dengan perubahan kurikulum, media, dan teknologi. Pengembangan multimedia interaktif perlu dilakukan mengingat tuntutan keterampilan abad 21 di era perkembangan teknologi saat ini, yaitu peserta didik dan pendidik dapat menguasai teknologi. Pengembangan multimedia interaktif semestinya dapat menyajikan media yang dapat membimbing peserta didik dalam meningkaykan penguasaan konsep dan berpikir kreatif peserta didik. Penguasaan konsep yang kuat sangat dibutuhkan dalam menciptakan gagasan baru yang kreatif untuk digunakan dalam menciptakan ide baru. Berpikir kreatif dapat ditingkatkan dan dipertahankan dengan penggunaan sumber daya dan teknologi baru, seperti halnya menciptakan media yang kreatif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dengan pembelajaran yang praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMP/MTs. Hasil validasi dari multimedia interaktif yang dikembangkan dengan perangkatnya yang terdiri dari: Aplikasi Multimedia Interaktif, LKPD penunjang, RPP, instrumen penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif menunjukkan kategori sangat valid dan reliabel. Uji coba terbatas menggunakan multimedia interaktif memperoleh hasil pembelajaran yang praktis dengan respon peserta didik pada kategori baik. Sedangkan hasil uji efektivitasnya menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif perserta didik dengan kategori sedang pada skor N-gain yang diperoleh. Multimedia interaktif yang telah direvisi digunakan dalam uji coba skala luas pada tiga kelas dan dianalisis kepraktisan dan efektivitas penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif praktis digunakan saat proses pembelajaran dengan respon peserta didik dan guru pada kategori baik. Hasil juga menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan kategori sedang pada skor N-gain yang diperoleh.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Multimedia interaktif, Kemagnetan, Penguasaan Konsep, dan Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27713

Actions (login required)

View Item View Item