ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 WOHA BIMA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022

AINUN, RIZQI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 WOHA BIMA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Ainun Rizqi_E1R016005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII di SMPN 3 Woha Bima Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas VIII-B SMPN 3 Woha Bima. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika materi bentuk aljabar dan wawancara. Tekhnik analisis data dilakukan dengan menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikategorikan dalam 3 kategori, yaitu kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah. Pada tahap wawancara akan dipilih masing-masing 2 orang siswa untuk mewakili setiap kategori kemampuan pemecahan masalah untuk mendalami jawaban yang sudah mereka peroleh. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu siswa dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi sebanyak 14 siswa dengan persentase 38,89%, kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sebanyak 16 siswa dengan persentase 44,44% dan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah sebanyak 6 siswa dengan persentase 16,67%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, soal bentuk aljabar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27719

Actions (login required)

View Item View Item