ANALISIS KESALAHAN DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RAMDAN, RAMDAN (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAMDAN (E1R01607).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelesaian soal peserta didik kelas VII SMPN 24 Mataram tahun pelajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan ditinjau dari perbedaan gender berdasarkan analisis kesalahan Newman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik yang merupakan penelitian populasi dan subjek penelitian yang terpilih pada penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VII SMPN 24 Mataram yang terdiri dari 2 peserta didik berkemampuan tinggi, 2 peserta didik berkemampuan sedang, dan 2 peserta didik berkemampuan rendah. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik laki-laki dan perempuan yaitu peserta didik laki-laki cenderung melakukan kesalahan pada jenis kesalahan memahami dengan persentase kesalahan sebesar 75,48% kategori tinggi, sedangkan peserta didik perempuan cenderung melakukan kesalahan pada jenis kesalahan keterampilan proses dengan persentase kesalahan sebesar 62,11% dengan kategori sedang. Hal ini disebabkan pada tahap memahami peserta didik laki-laki banyak yang tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, sedangkan peserta didik perempuan banyak yang tidak melakukan prosedur penyelesaian dengan benar dikarenakan mereka tidak mengetahui rumus/metode yang digunakan untuk melanjutkan penyelesaian soal tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesalahan Newman, Soal Cerita Matematika, Perbedaan Gender.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27720

Actions (login required)

View Item View Item