PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK JAHE DAN EKSTRAK KAYU MANIS TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK SUSU KEDELAI

IRAWANTI, IRAWANTI (2022) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK JAHE DAN EKSTRAK KAYU MANIS TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN SIFAT ORGANOLEPTIK SUSU KEDELAI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRAWANTI (J1A017046). ITP 2017. ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak jahe dan ekstrak kayu terhadap aktivitas antioksidan dan sifat organoleptik susu kedelai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental yang dilakukan di laboratorium. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor (konsentrasi ekstrak jahe dan ekstrak kayu manis) dengan 6 perlakuan, yaitu P1=7,5% : 0%, P2=6% : 1,5%, P3= 4,5% : 3%, P4=3% : 4,5%, P5=1,5% : 6%, P6=0% 7,5%. Setiap perlakuan diulangi 3 kali. Parameter yang diamati meliputi aktivitas antioksidan, total fenol, total padatan terlarut (TPT), pH, warna, dan sifat organoleptik (aroma, rasa dan warna). Data hasil pengamatan dianalisis dengan analisis keragaman (ANOVA) pada taraf 5% menggunakan software Co-Stat. Apabila terdapat pengaruh yang berbeda nyata, maka dilakukan uji lanjut beda nyata jujur (BNJ). Pengaruh konsentrasi ekstrak jahe dan ekstrak kayu manis pada susu kedelai tidak memiliki pengaruh yang berbeda nyata atau terhadap aktivitas antioksidan, total fenol, pH, uji organolpetik hedonik meliputi rasa, warna, aroma dan overall, namun memiliki hasil yang berbeda nyata atau terhadap total padatan terlarut, uji warna secara fisik yang meliputi °Hue, nilai L, nilai a, rasa secara scoring. Perlakuan P4 (konsentrasi ekstrak jahe 3% dan ekstrak kayu manis 4,5%) menghasilkan susu kedelai dengan aktivitas antioksidan 69,33%, total fenol 30,39 mg GAE/ml bahan, total padatan terlarut 11,17 %Brix, pH 6,05, warna °Hue 73,47 (yellow red), dan sifat organoleptik aroma agak tidak langu, rasa agak tidak berasa pedas, pahit dan sepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: ekstrak jahe, ekstrak kayu manis, susu kedelai.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27725

Actions (login required)

View Item View Item