EVALUASI PROGRESS PEMBANGUNAN DAN PERBAIKAN KERUSAKAN RUMAH PENDUDUK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT AKIBAT GEMPA BUMI LOMBOK TAHUN 2018

LALU, MALIK ROSYIDI (2022) EVALUASI PROGRESS PEMBANGUNAN DAN PERBAIKAN KERUSAKAN RUMAH PENDUDUK DI KABUPATEN LOMBOK BARAT AKIBAT GEMPA BUMI LOMBOK TAHUN 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
B. ARTIKEL ILMIAH F1A 113 027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

Gempa bumi yang terjadi di Lombok pada tanggal 5 Agustus dan 9 Agustus 2018 dengan magnitude 7.0 SR. Berdasarkan data BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat jumlah rumah terdampak gempa adalah 243.744, salah satu kabupaten dengan jumlah penerima bantuan terbanyak adalah Kabupaten Lombok Barat. Jumlah rumah terdampak akibat gempa bumi Lombok Tahun 2018 di Kabupaten Lombok Barat adalah 71.382 unit rumah, namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala yang cukup kompleks, sehingga perlu diidentifikasi dan dievaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dan dengan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan cluster atau wilayah tertentu dalam hal ini 3 kecamatan yaitu Kecamatan Batulayar, Kecamatan Gerung dan Kecamatan Sekotong. Metode Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pembangunan yang kemudian dapat ditentukan strategi percepatan berdasarkan hasil analisis SWOT. Berdasarkan data hasil wawancara terhadap didapatkan progres Capaian kinerja sebesar 99,25% dari seluruh rumah terdampak gempa 5 Agustus 2018 di Kabupaten Lombok Barat yang artinya Sebagian besar telah selesai. Mayoritas kendala dalam pelaksanaan adalah lambatnya distribusi material, kekurangan tenaga tukang yang terampil serta lambatnya proses pendataan dan pencairan dana. Berdasarkan Analisis SWOT dengan pendekatan kuantitatif didapatkan hasil yaitu posisi dari tema yang dibahas ada di kuadran I (positif, positif). Posisi ini menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berpeluang, Strategi yang disarankan kepada pihak BPBD adalah strategi ofensif, salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama antara organisasi antara BPBD dengan organisasi non pemerintah, merubah metode pembayaran, Menyusun agenda diskusi bersama forum penanggulangan bencana, menyusun prosedur koordinasi bersama TNI dan POLRI.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Gempa bumi, Progres Perbaikan, Lombok Barat, Analisis SWOT
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:36
Last Modified: 10 Feb 2022 05:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27728

Actions (login required)

View Item View Item