PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMAN 2 SELONG

Satriadi, Alfian (2018) PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMAN 2 SELONG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tesis lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini di fokuskan pada peran kompetensi profesional guru di SMAN 2 selong, dengan rumusan masalah, yaitu: 1) bagaimanakah bentuk pelaksanaan tugas profesional guru dalam mengembangkan profesinya untuk kualitas belajar siswa di SMAN 2 Selong, dan 2) bagaimanakah bentuk pelaksanaan tugas profesional guru yang mendukung pengembangan profesinya di SMAN 2 Selong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru yang sudah di sertifikasi, sementara informan adalah kepala sekolah, guru, pegawai dan siswa di SMAN 2 Selong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk pelaksanaan tugas profesional guru dalam mengembangkan profesinya adalah menjelaskan konsep materi dengan keterkaitan antara ilmu mata pelajaran, melakukan analisis SK-KD, melakukan pengembangan rencana pembelajaran, melakukan evaluasi (membuat jurnal pembelajaran), dan menggunakan pemebelajaran berbasis internet. 2) bentuk pelaksanaan tugas profesional guru dalam unsur pendukung pengembangan profesinya adalah melakukan workshop, ikut terlibat dalam kegiatan MGMP, melakukan kolaborasi dengan teman sejawat dan membuat time work. Kata Kunci: peran, profesionalisme guru, kompetensi profesional guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peran, profesionalisme guru, kompetensi profesional guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:27
Last Modified: 19 Apr 2018 05:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item View Item