PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

SA’IDAH, SA’IDAH (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SA'IDAH (E1Q017049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and mthematics) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi gelombang cahaya yang valid, praktis dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan instrumen tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Validitas produk pengembangan dinilai oleh enam validator ahli yang dianalisis dengan menggunakan skala likert. Kepraktisan produk didapatkan dari hasil respon peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran dan hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik saat uji coba terbatas. Keefektifan produk didapat dari hasil nilai peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah mengikuti pembelajaran yang dianlisis dengan NGain. Hasil penelitian berdasarkan validasi oleh validator menunjukkan bahwa keseluruhan perangkat yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 3,4 sampai 3,6 dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik menunjukkan tingkat praktis pada angket respon dan mendapat kriteria baik dan sedang untuk hasil tes KPM saat uji coba terbatas. Hasil perhitungan N-Gain kemampuan pemecahan masalah peserta didik menunjukkan peningkatan sedang untuk setiap indikator pemecahan masalah. Berdasarkan interpretasi data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran STEM yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi gelombang cahaya sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gelombang Cahaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27730

Actions (login required)

View Item View Item