PENGARUH PACK CARBURIZING DENGAN TEMPERATUR DAN MEDIA KARBURASI ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PERUBAHAN SIFAT MEKANIK DAN MIKROSTRUKTUR PADA BAJA KARBON RENDAH

MUHAMAD, SURATMAN ANSORI (2022) PENGARUH PACK CARBURIZING DENGAN TEMPERATUR DAN MEDIA KARBURASI ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN SERBUK CANGKANG TELUR AYAM TERHADAP PERUBAHAN SIFAT MEKANIK DAN MIKROSTRUKTUR PADA BAJA KARBON RENDAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir M.Suratman Ansori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses carburizing adalah proses perlakuan panas dimana besi atau baja menyerap karbon sementara logam dipanaskan dengan adanya bahan yang mengandung karbon, seperti arang atau karbon monoksida. Tujuan dari proses ini adalah untuk meningkatkan kekerasan permukaan namun pada bagian dalam tetap ulet. Pada penelitian kali ini dilakukan penambahan unsur karbon dengan menggunakan arang tempurung kelapa dan sebagai energizernya menggunakan serbuk cangkang telur ayam setelah itu di quenching menggunakan air garam. Waktu yang digunakan untuk holding time yaitu 3 jam dengan variasi suhu 900°C dan 950°C serta persentase perbandingan antara serbuk cangkang telur ayam dengan arang tempurung kelapa sebagai media karburasi yaitu : serbuk cangkang telur ayam 10% : 90 %, 20% : 80%, 30% : 70% arang tempurung kelapa. Hasil perlakuan diantaranya: Uji kekerasan metode Vickers, Uji Impak dengan metode charpy dan pengamatan struktur mikro. Setelah proses pemanasan awal, angka kekerasan tertinggi didapatkan pada temperatur 950°C dengan campuran 10% serbuk cangkang telur ayam : 70% arang tempurung kelapa dengan angka kekerasan = 763,73 kg/mm². Dan untuk uji Impact nilai tertinggi ditunjukan oleh spesimen dengan tanpa perlakuan sebesar 1,97447283 Joule/mm². Hasil pengamatan struktur mikro menunjukan bahwa pada spesimen tanpa perlakuan terdapat struktur ferit dan perlit. Setelah di pack carburizing dengan Temperatur 900℃dan 950℃serta dengan campuran media karburasi yaitu serbuk cangkang telur ayam 10% : 90% , 20% : 80% , 30% : 70% arang tempurung kelapa menunjukkan terbentuknya struktur martensit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : pack carburizing, kekerasan, impak, struktur mikro.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27739

Actions (login required)

View Item View Item