PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK SMA

SIGIT, SETIYAWAN (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP SIGIT SETIYAWAN (E1Q015059).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi dinamika pembelajaran abad 21. Namun, pembelajaran di sekolah masih minim perhatian untuk terciptanya proses berpikir kritis bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model CORE yang valid, reliabel dan praktis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fisika dengan materi pokok getaran harmonis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan 4 D yang meliputi 4 tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Hasil analisis validitas menunjukkan nilai rata-rata persentase masing-masinguntuksilabus 86,57%, RPP 83,80%, bahan ajar85,71%, LKPD 85,84% dan instrumen tes 86,66%. Kemudian dari hasil analisis realibilitas diperoleh nilai rata-rata persentasemasingmasinguntuk silabus 93,44%, RPP 91,67%, bahan ajar 91,61%, LKPD 92,38%, dan instrumen tes 93,09%. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis respon prediksi kepraktisan didapatkan nilai rata-rata mencapai 100%. Hasil analisis validitas, realibilitas dan respon prediksi kepraktisan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid, reliabel dan praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model CORE, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27743

Actions (login required)

View Item View Item