PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 KEDIRI

FITRI, WAHYURIYANI (2022) PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Fitri Wahyuriyani_E1A016019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengakibatkan berubahnya pola pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola pelaksanaan pembelajaran Biologi secara daring di SMAN 1 Kediri; (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran Biologi secara daring di SMAN 1 Kediri; (3) perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran Biologi secara daring di SMAN 1 Kediri berdasarkan tingkatan kelas; 4) perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran Biologi secara daring di SMAN 1 Kediri berdasarkan jenis kelamin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa jurusan IPA SMAN 1 Kediri. Sampel penelitian sebanyak 2 orang guru dan 137 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (perhitungan kategori, persentase dan uji median). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Biologi secara daring di SMAN 1 Kediri menggunakan media WhatsApp Group (WAG) dan Google Classroom (GC) termasuk kurang efektif. Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring mata pelajaran Biologi selama masa pandemi Covid-19 beragam baik positif maupun negatif.Pembelajaran daring memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses sumber belajar namun juga terdapat kesulitan dalam interaksi dan pemahaman materi.Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring tersebut tidak berbeda secara signifikan baik antar tingkatan kelas maupun antar jenis kelamin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Persepsi siswa, pembelajaran daring, biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Feb 2022 05:37
Last Modified: 10 Feb 2022 05:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27745

Actions (login required)

View Item View Item