HUBUNGAN PERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MATARAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021

RIANI, PERMATASARI (2022) HUBUNGAN PERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MATARAM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIANI PERMATASARI (E1R016078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa dalam pembelajaran online, kemandirian belajar, dan prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui hubungan persepsi siswa dalam pembelajaran online dengan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling dan didapatkan sampelnya yaitu siswa kelas VIIIC. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan angket persepsi siswa dalam pembelajaran online, angket kemandirian belajar siswa, dokumentasi, serta wawancara. Tehnik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa dalam pembelajaran online paling banyak termasuk dalam kategori cukup, kemandirian belajar siswa paling banyak termasuk dalam kategori baik dan prestasi belajar siswa paling banyak termasuk dalam kategori tidak baik; (2) Terdapat hubungan antara persepsi siswa dengan kemandirian belajar dan termasuk korelasi positif (3) Terdapat korelasi antara persepsi siswa dalam pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa termasuk korelasi negatif; (4) terdapat korelasi antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa termasuk korelasi negatif. Untuk itu selain tentang persepsi, kemandirian belajar dan prestasi belajar ada baiknya juga melihat terkait motivasi, bakat dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Persepsi siswa, pembelajaran secara online, kemandirian belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:19
Last Modified: 15 Feb 2022 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item