ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI

Nyoman Yustini Wikantari, Ni (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NI NYOMAN YUSTINI WIKANTARI (E1R017041).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kelas IX berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi Teorema Pyhtagoras di SMP Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gunungsari. Teknik penarikan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan sampel yang ditentukan yaitu siswa kelas IX-H. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis 10 orang siswa bergaya belajar visual sebesar 35,56% dengan kategori rendah atau siswa belum mampu memenuhi indikator representasi visual, simbolik, dan verbal secara keseluruhan. Selanjutnya, kemampuan representasi matematis 10 orang siswa bergaya belajar auditorial dan 7 orang siswa bergaya belajar kinestetik berturut-turut sebesar 49,86% dan 41,87% dengan kategori sedang, yang menunjukkan bahwa siswa sudah mampu memenuhi indikator representasi visual dan simbolik dengan cukup baik, namun belum mampu memenuhi indikator representasi verbal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Teorema Pythagoras
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:19
Last Modified: 15 Feb 2022 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27756

Actions (login required)

View Item View Item