Nyoman Yustini Wikantari, Ni (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI NI NYOMAN YUSTINI WIKANTARI (E1R017041).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa kelas IX berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada materi Teorema Pyhtagoras di SMP Negeri 1 Gunungsari tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gunungsari. Teknik penarikan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dan sampel yang ditentukan yaitu siswa kelas IX-H. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar, tes kemampuan representasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis 10 orang siswa bergaya belajar visual sebesar 35,56% dengan kategori rendah atau siswa belum mampu memenuhi indikator representasi visual, simbolik, dan verbal secara keseluruhan. Selanjutnya, kemampuan representasi matematis 10 orang siswa bergaya belajar auditorial dan 7 orang siswa bergaya belajar kinestetik berturut-turut sebesar 49,86% dan 41,87% dengan kategori sedang, yang menunjukkan bahwa siswa sudah mampu memenuhi indikator representasi visual dan simbolik dengan cukup baik, namun belum mampu memenuhi indikator representasi verbal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Gaya Belajar, Teorema Pythagoras |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 00:19 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 00:19 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27756 |
Actions (login required)
View Item |