STRATEGI KOMUNIKASI PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN

Lola, Agustina Pratiwi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lola Agustina Pratiwi ( L1B016050 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan dini di NTB setiap tahun cenderung meningkat, terutama pada 2020 (ketika pandemi), dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ekonomi, keluarga, dan miskonsepsi prosesi selarian/memaling dalam adat merariq. Dari masalah tersebut, bidang PPKB Provinsi NTB memiliki program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) untuk menekan kasus pernikahan dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi komunikasi bidang PPKB Provinsi NTB dalam implementasi Program PUP pada 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ditempuh dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PPKB melakukan startegi komunikasi dimulai dengan riset kasus pernikahan dini untuk mengetahui penyebab remaja melakukan pernikahan dini, kemudian perencanaan dan penyusunan program PUP tertuang dalam kerangka acuan, yang mana PUP menyasar remaja dan aktor sosial seperti perangkat desa, perangkat dusun, tokoh agama, dan tokoh adat melalui sosialisasi PUP dan dialog warga. Kemudian, pesan PUP dibingkai dengan dampak-dampak negatif menikah dini yang disampaikan oleh tim dari PPKB Provinsi NTB dan Organisasi Perangkat Daerah di kabupaten. PPKB menggunakan media komunikasi kelompok, seperti sosialisasi PUP dan dialog warga secara tatap muka kepada aktor sosial dan remaja pada 2020, menggunakan media cetak seperti buku saku dan selebaran PUP yang dibagikan pada tiap kabupaten serta menggunakan media baru seperti website, instagram, dan facebook. Sementara, PPKB tidak melakukan evaluasi mengenai strategi komunikasi yang telah dilakukan. Mereka hanya memfokuskan pada strategi yang dilakukan untuk memasifkan sosialisasi PUP. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: PUP, Strategi Komunikasi, PPKB Provinsi NTB.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:20
Last Modified: 15 Feb 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27763

Actions (login required)

View Item View Item