ANALISA PENGARUH VARIASI SALURAN INLET DAN OUTLET TERHADAP TINGGI DAN KECEPATAN ALIRAN VORTEX PADA BASIN TURBIN VORTEX CONICAL DENGAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATION FLUID DYNAMIC (CFD)

Suprodi, Muh. (2022) ANALISA PENGARUH VARIASI SALURAN INLET DAN OUTLET TERHADAP TINGGI DAN KECEPATAN ALIRAN VORTEX PADA BASIN TURBIN VORTEX CONICAL DENGAN SOFTWARE AUTODESK COMPUTATION FLUID DYNAMIC (CFD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA_F1C016064_MUH.SUPRODI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Turbin vortex adalah turbin yang memanfaatkan pusaran air buatan untuk memutar sudu turbin dan kemudian diubah menjadi energi putaran pada poros. Prosesnya air dari sungai dialirkan melalui saluran masuk ketangki turbin yang berbentuk lingkaran dan di bagian tengah dasar tangki. Akibat saluran buang ini maka air mengalir membentuk aliran pusaran air. Turbin vortex ini merupakan salah satu jenis dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). PLTMH itu sendiri merupakan teknologi untuk memanfaatkan debit air yang ada di sekitar kita untuk diubah menjadi energi listrik. Caranya dengan memanfaatkan debit air untuk menggerakkan turbin yang akan menghasilkan energi mekanik. Selanjutnya, energi mekanik ini menggerakkan generator dan menghasilkan listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh debit aliran, lebar inlet dan diameter outlet terhadap kecepatan aliran dan tinggi vortex di dalam basin conical. Kemudian debit aliran, lebar inlet dan diameter outlet inilah yang akan divariasikan untuk mencari kecepatan aliran dan tinggi vortex. Adapun variasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah, debit aliran 30 L/s, 35 L/s dan 40 L/s. Lebar inlet ¼ (145 mm), 1/3 (193 mm) dan 1/2,5 (232 mm) dari diameter basin (Db) 580 mm. Kemudian, diameter outlet 25% (145 mm), 30% (174 mm) dan 35% (203 mm) dari diameter basin (Db) 580 mm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan aliran terkuat didalam basin cone didapatkan pada debit air masuk 40 L/s, dengan lebar inlet 193 mm, dan diameter outlet 145 mm diperoleh sebesar 1,331 m/s. Ketinggian aliran vortex terkuat di dalam basin cone didapatkan pada debit air masuk 40 L/s, dengan lebar inlet 193 mm, dan diameter outlet 145 mm diperoleh sebesar 448 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Turbin Vortex, CFD, Debit Air Masuk, Lebar Inlet, Diameter Outlet
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:20
Last Modified: 15 Feb 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27764

Actions (login required)

View Item View Item