Bias Pemberitaan Media Online Lokal (Studi Komparasi Isi Berita SuaraNtb.Com Dan Lombokpost.Jawapos.Com Jelang Pemilihan Kepala Daerah Kota Mataram Periode 1 Juli – 31 Juli 2020)

Agustiawan, Manggala Putra (2022) Bias Pemberitaan Media Online Lokal (Studi Komparasi Isi Berita SuaraNtb.Com Dan Lombokpost.Jawapos.Com Jelang Pemilihan Kepala Daerah Kota Mataram Periode 1 Juli – 31 Juli 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Agustiawan Manggala Putra L1B01002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah Kota Mataram banyak menarik perhatian masyarakat lokak pada Juli 2020. Beragam media mengulas dan memberitakan proses pemilihan kepala daerah ini dari sudut pandang yang berbeda-beda, salah satunya melalui media online. Sebagaimana media lainnya, media online juga dituntut untuk objektif dalam memberitakan informasi. Penelitian ini ingin melihat dan mengkaji bias berita media SuaraNtb.Com dan Lombokpost.Jawapos.Com dalam memberitakan tentang Pemilihan Kepala Daerah Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini menggunakan unit pencatatan (recording units), dan unit tematik (thematic units). Hasil penelitian ini menjelaskan bias pemberitaan pada berita online SuaraNtb.Com Dan Lombokpost.Jawapos.Com yang meliputi aspek cover both side (terdapat 33,3% berita pada suarantb.com dan terdapat 16,7% berita pada lombokpost.jawapos.com), Even-handed Evaluation (100% berita pada suarantb.com netral dan terdapat 79,2% lombokpost.jawapos.com berita netral), non-evaluatif (terdapat 88,9% berita pada suarantb.com yang tidak memberi penilaian dan terdapat 62,5% lombokpost.jawapos.com yang tidak memberi penilaian), non-sensasional (terdapat 88,9% berita pada suarantb.com yang tidak melebih-lebihkan fakta dan terdapat 62,5% lombokpost.jawapos.com yang tidak melebih-lebihkan fakta yang diberitakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Objektif, Bias Media, Media Online, Pemilihan Kepala Daerah
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:20
Last Modified: 15 Feb 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27772

Actions (login required)

View Item View Item