KONTRIBUSI USAHATANI KANGKUNG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI DESA BUG-BUG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT

DEKY, WAHYUDI (2022) KONTRIBUSI USAHATANI KANGKUNG TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI DI DESA BUG-BUG KECAMATAN LINGSAR KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEKY WAHYUDI_C1G016041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis pendapatan usahatani kangkung di Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. (2) Menganalisis Kontribusi pendapatan usahatani kangkung terhadap pendapatan rumah tangga petani. (3) Menganalisis kendala-kendala yang dihadapi petani kangkung di Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah rumahtangga petani yang aktif bekerja pada usahatani kangkung di Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bug-Bug. Dari 5 Dusun, dipilih 2 Dusun yaitu Dusun Bug-Bug Selatan Barat dan Bug-Bug Selatan Timur secara sengaja (purposive sampling). Jumlah responden ditentukan sebanyak 30, dan secara kebetulan jumlah petani yang ada di kedua dusun itu jumlahnya 30 responden. Jumlah seluruh populasi petani kangkung di Dusun Bug-Bug Selatan sebanyak 16 petani, di Dusun Bug-Bug Selatan Timur sebanyak 14 petani. Dalam penelitian ini seluruh populasi di kedua dusun tersebut dijadikan responden (purposive Sampling). Hasil analisis menunjukkan bahwa kontribusi usahatani kangkung terhadap pendapatan rumahtangga petani di Desa Bug-Bug Tahun 2021 yaitu,Kontribusi usahatani kangkung terhadap pendapatan rumahtangga petani di Desa Bug-Bug sebesar Rp. 13.057.480 atau sebesar (54%), pada usahatani lain yaitu sebesar Rp. 3.058.667 atau sebesar (13%), dan pada non usahatani yaitu sebesar Rp. 8.573.520 atau sebesar (33%). Dapat disimpulkan bahwa kontribusi usahatani kangkung terhadap pendapatan rumah tangga petani cukup besar. Kriteria kontribusi antara lain : apabila sumbangan sebesar 0-25% dikatakan kecil, sumbangan sebesar 26-50 % dikatakan cukup besar, sumbangan sebesar 51-75% dikatakan besar, dan apabila sumbangan sebesar 76-100% dikatakan sangat besar. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu agar pelaksanaan usahatani kangkung dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan masalah pupuk urea, maka pemerintah agar memperhatikan ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani di Desa Bug-Bug Kecamatan Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Usahatani, kangkung, pendapatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:21
Last Modified: 15 Feb 2022 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27778

Actions (login required)

View Item View Item